Wisata

Dua Pesan Presiden RI Jokowi Saat Peresmian Penataan Kawasan Marina

Jumat, 22 Juli 2022 - 14:08
Dua Pesan Presiden RI Jokowi Saat Peresmian Penataan Kawasan Marina Presiden RI Jokowi saat meresmikan Penataan Kawasan Waterfront Marina dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka di Waterfront Marina, Kamis (21/7/2022).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES BANTEN, LABUAN BAJOPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menitipkan dua pesan saat meresmikan Penataan Kawasan Waterfront Marina dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka yang dipusatkan di Waterfront Marina, Kamis (21/7/2022).

Presiden mengatakan saat ini wajah Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya Labuan Bajo telah berubah total menjadi semakin cantik. Untuk itu Presiden menyampaikan dua pesan bagi masyarakat Labuan Bajo.

“Saya titip karena Labuan Bajo sudah semakin cantik dengan wajah baru, tolong urusan kecil-kecil diperhatikan. Pertama, ramah terhadap wisatawan. Kedua jangan buang sampah sembarangan karena Labuan Bajo sudah semakin cantik dan bersih. Setiap bulan kerja bakti bersih-bersih agar kawasan ini terus terpelihara dengan cantik,” kata Presiden Joko Widodo.

Ditambahkan Presiden, saat ini masih ada pekerjaan untuk membangun dan memperlebar jalan agar tujuan akhir seluruh penataan tercapai, yakni kesejahteraan masyarakat NTT khususnya Labuan Bajo.

Presiden-RI-Jokowi-Saat-Peresmian-Penataan-Kawasan-Marina.jpg

Penataan Kawasan Waterfront Marina bertujuan untuk menciptakan ruang terbuka dan ruang aktivitas kreatif bagi masyarakat dan wisatawan menikmati keindahan laut Labuan Bajo. “Kawasan ini bisa dipakai untuk aktivitas seni budaya, performing arts yang akan menarik para wisatawan untuk lebih banyak lagi datang ke Labuan Bajo,” tambahnya.

Kawasan Waterfront Pantai Marina terbagi menjadi lima zona. Zona 1 Bukit Pramuka, Zona 2 Kampung Air, Zona 3 Dermaga, Zona 4 kawasan Pantai Marina (Inaya Bay), Zona 5 Kampung Ujung.

Zona 1-2 dikerjakan pada 28 September 2020 - 21 November 2021 oleh kontraktor PT Wika Gedung dengan anggaran Rp81 miliar. Ruang lingkup pekerjaan Zona 1 meliputi dermaga gertak dan gazebo, menara pandang, promenade Kampung Baru, toilet, dermaga A, SOG Kampung Baru danpower house. Zona 2 meliputi Tangga Bajo 1, dermaga B, promenade Kampung Air, Tangga Bajo 2, Dermaga Pink dan gazebo, toilet, jalan dan saluran.

Penataan-Kawasan-Marina-a.jpg

Zona 3 dan 5 dikerjakan pasa 28 September 2020 - 8 Februari 2022 oleh kontraktor PT Brantas Abipraya dengan anggaran Rp207 miliar. Ruang lingkup pekerjaan Zona 3 meliputi plaza, Tangga Bajo 3, gedung MEP, Tangga Bajo 4, toilet, lahan parkir, Tangga Bajo 5, area hijau, amphitheater, taman air, trestal dan lansekap. Sementara Zona 5 meliputi Kuliner Kampung Ujung, toilet, Promenade Kampung Ujung, Tangga Bajo 6 dan dermaga apung.

Senada dengan Presiden, Menteri Basuki juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan Labuan Bajo. "Tolong kita semua bisa ikut aktif menjaga kebersihan kawasan, karena yang menikmati juga warga disini,” kata Menteri Basuki.

Untuk menjaga kebersihan Labuan Bajo Presiden juga meresmikan sistem pengelolaan sampah Warloka yang terdiri dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). TPST Warloka dioperasikan untuk dapat mengolah sampah dengan kapasitas 20 ton/hari. Sementara TPA Sampah Warloka dioperasikan untuk memproses akhir sampah yang telah diolah di TPST berupa residu abu dengan kapasitas 2 ton/hari.

Penataan-Kawasan-Marina-b.jpg

Juru Bicara Kementerian PUPR  RI Endra S. Atmawidjaja menambahkan bahwa penataan Kawasan Marina di Labuan Bajo yang baru diresmikan Presiden RI Jokowi itu  merupakan model yang baik bagi kota-kota pantai dan pesisir di Indonesia, terlebih yang mengandalkan potensi pariwisata sebagai basis perekonomian lokal. "Ruang publik sebagai ruang ketiga perlu kita ciptakan agar kota-kota kita semakin humanis, nyaman dan berkualitas layanannya,” kata Endra. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banten just now

Welcome to TIMES Banten

TIMES Banten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.