Wisata

Ketahui Cara Menggunakan Traveloka Paylater Beserta Bunga dan Dendanya

Rabu, 20 Juli 2022 - 06:33
Ketahui Cara Menggunakan Traveloka Paylater Beserta Bunga dan Dendanya ilustrasi - Traveloka Paylater (FOTO: tikawidya.com)

TIMES BANTEN, JAKARTA – Teknologi semakin berkembang setiap tahunnya, termasuk dalam metode pembayaran pada e-commerce yang semakin mempermudah penggunanya. Traveloka kini memiliki layanan pay later yang bisa dimanfaatkan oleh Anda. Di bawah ini terdapat cara menggunakan Traveloka Paylater dan informasi mengenai bunga dan dendanya.

Cara Menggunakan Traveloka Payltater

Traveloka Paylater adalah suatu fasilitas layanan pembayaran yang digunakan untuk membayar pembelian produk-produk Traveloka dengan jangka waktu pembayaran 1 hingga 12 bulan.

Syarat untuk menggunakan pay later ialah setidaknya Anda sudah berumur antara 21 hingga 70 tahun dan sudah memiliki KTP yang sah. Ketika sudah melakukan pendaftaran pay later, Anda akan mendapatkan limit hingga 50 juta rupiah. Limit tersebut bisa digunakan untuk membeli produk-produk Traveloka.

Berikut ini merupakan cara mendaftar Traveloka Paylater:

●    Pertama, siapkan terlebih dahulu KTP Anda
●    Kemudian, buka aplikasi Traveloka di handphone Anda. Jika belum memilikinya, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu secara gratis di Playstore/Appstore.
●    Lalu, kunjungi halaman TravelokaPay dari halaman awal aplikasi Traveloka.
●    Klik Kartu Tanpa Kredit dan silakan ikuti instruksi pada formulir pemesanan. Anda harus mengambil foto diri terlebih dahulu untuk keperluan verifikasi.
●    Jika sudah, nantinya aplikasi Traveloka akan melakukan verifikasi selama kurang lebih 60 menit.

Apabila Anda sudah berhasil mendaftar Traveloka Paylater, maka Anda akan mendapatkan limit. Silakan gunakan limit yang tersedia untuk membeli kebutuhan Anda di Traveloka. Namun, penggunaan limit pay later hanya berlaku untuk sejumlah produk saja.
Jika sudah mengetahui cara mendaftar Traveloka Paylater, lalu bagaimana cara membeli produk Traveloka dengan menggunakan pay later? Untuk itu, sebaiknya langsung simak penjelasannya di bawah ini.
●    Pertama-tama, di halaman pembayaran, silakan pilih Paylater.
●    Lalu, tentukan Anda ingin membayar secara penuh 1 bulan kemudian atau membayar dengan metode cicilan apabila tersedia. Setelah itu klik Lanjutkan.
●    Setelah itu, klik Beli Dengan Paylater. Lalu, klik Kirim agar Anda mendapat kode verifikasi ke nomor telepon Anda.
●    Masukkan kode verifikasi dan klik Verifikasi.
●    Silakan periksa kembali detail pembelian Anda, jika sudah yakin lalu klik Lanjutkan. Transaksi selesai.

Setelah melakukan transaksi, anda bisa melihat progres pembelian untuk melihat status pesanan Anda. Dari sana, Anda bisa mengetahui sejauh mana produk yang Anda beli sedang diproses Traveloka.

Bunga dan Denda Traveloka Paylater

Perlu Anda ketahui bahwasanya dengan menggunakan layanan pay later, pasti akan dikenakan bunga dan ada denda apabila Anda terlambat membayar pay later Anda. Bunga dari Traveloka Paylater ditentukan mulai dari kisaran 2,14% hingga 4,78% per bulan.

Biaya bunga tersebut sifatnya rata setiap bulannya. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan perhitungan atau pembagian bunga Traveloka Paylater untuk setiap penggunanya ditentukan berdasarkan level penggunaan Traveloka Paylater.

Ada tiga klasifikasi kelas pengguna Traveloka. Tiga klasifikasi kelas tersebut ialah Primary, Priority, dan Privilege. Setiap kelas tersebut mempunyai 2 tingkatan level, seperti Primary Level 1 dan Primary Level 2, begitu pula dengan kelas Priority dan Privilege.

Dari setiap level juga tentunya memiliki keuntungan yang berbeda-beda, semakin tinggi levelnya maka Anda semakin mendapat banyak keuntungan.

Perlu diketahui bahwa apabila Anda terlambat membayar tagihan pay later, maka dapat menurunkan level dan juga tingkat Traveloka Paylater Anda. Bahkan, Anda bisa dikenakan denda. Maka dari itu, ketika ingin menggunakan pay later, sebaiknya Anda ketahui seberapa besar kemampuan Anda untuk membayar tagihannya tersebut.

Denda Traveloka Paylater sebesar 5% dari jumlah pinjaman yang digunakan. Denda tersebut akan bertambah setiap bulannya jika Anda tidak segera melakukan pelunasan tagihan pay later. Adanya denda yang semakin membengkak tentunya akan memberatkan Anda, jadi sebaiknya Anda bisa membayarnya tepat waktu.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mengalami penurunan skor kredit yang dapat membuat Anda sulit untuk mengajukan pinjaman lainnya ketika sedang membutuhkannya.

Hal yang demikian dapat terjadi karena pihak pemberi pinjaman dan akan melaporkan keterlambatan pembayaran fasilitas pinjaman dari nama Anda kepada SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

Beragam Produk yang Bisa Digunakan dengan Traveloka Paylater

Traveloka memiliki beragam produk perjalanan dan akomodasi lainnya yang bisa dipilih oleh penggunanya untuk memenuhi kebutuhan perjalanan. Adanya layanan pay later dari Traveloka, Anda bisa melakukan perjalanan atau liburan terlebih dahulu dan membayarnya kemudian.

Ada beragam produk dari Traveloka yang bisa Anda pilih dengan metode pembayaran Traveloka Paylater, berikut merupakan produk-produknya.
●    Tiket pesawat
●    Tiket kereta api
●    Tiket bus & travel
●    Rental mobil
●    Antar jemput bandara
●    Kereta bandara
●    Hotel
●    Holidays stays
●    Hotel last minute
●    Buy now stay later
●    Hotel budget
●    Eats delivery
●    Makanan & minuman
●    Atraksi
●    Tur

Dari uraian di atas, Anda bisa menggunakan pembayaran pay later by Traveloka pada produk-produk pilihan tersebut. Ketika Anda melakukan pemesanan, sebaiknya diperiksa kembali detail pemesanan Anda dan juga ketahui berapa banyak pay later yang Anda gunakan, agar Anda mengetahui seberapa banyak yang harus Anda bayarkan tagihannya nanti di bulan depan.

Itu dia tentang Traveloka Paylater mulai dari cara menggunakannya, bunga, dan juga denda yang harus dibayarkan ketika menggunakan layanan Traveloka Paylater. (*) 

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banten just now

Welcome to TIMES Banten

TIMES Banten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.