Berita

Kemenkes RI: Virus Cacar Monyet Belum Masuk Indonesia

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 12:25
Kemenkes RI: Virus Cacar Monyet Belum Masuk Indonesia Juru Bicara Kemenkes, dr Mohammad Syahril saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/BNPB)

TIMES BANTEN, JAKARTA – Juru Bicara Kemenkes RI, dr Mohammad Syahril menegaskan bahwa virus cacar monyet belum masuk Indonesia. Dia berharap masyarakat menggunakan informasi ini sebaik mungkin untuk tetap menjaga disiplin dan kebersihan.

Menurut Syahril, sebelumnya sudah ada 10 kasus suspek cacar monyet di Indonesia, hanya saja setelah diperiksa dari semua itu belum ada pasien suspek yang terkonfirmasi positif cacar monyet. Dia stakeholder saling jaga diri agar terhindar.

Lebih lanjut, dia mendorong semua satgas dan seluruh pemerintah daerah terus intens berkomunikasi. Mereka diminta mengecek langsung kondisi kesehatan masyarakat, apalagi sekarang kasus cacar monyet di luar negeri semakin ganas.

"Belum ada (kasus konfirmasi cacar monyet). Tentu kami sangat mewanti-wanti agar kasus ini diantisipasi oleh semua pihak, termasuk satgas dan pemerintah daerah," kata Syahril di Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Kemudian, Syahril menuturkan suspek dari Jawa Tengah (Jateng) masih menunggu hasil tes PCR untuk memastikan positif cacar monyet atau bukan. Adapun hasil pemeriksaan suspek ini membutuhkan waktu 2-3 hari.

Dia berharap, kasus yang ditemukan di sana bukan cacar monyet dan menular terhadap orang lain. Dia menyebut virus jenis ini sangat seram karena kelihatan di mata dan mengancam ketentraman publik.

"Tunggu dulu sekitar 3-5 hari akan ada hasilnya dan kami akan sampaikan. Tentu kami memohon kepada setiap kepala keluarga, semakin intens menjaga keluarganya. Apalagi sekarang mulai masuk tahap recovery pandemi," pungkas Syahril.

Sebagai informasi, pasien suspek Jateng merupakan pasien suspek cacar monyet kesepuluh. Sementara kesembilan pasien itu negatif cacar monyet, dengan detail sebagai berikut: PCR Orthopoxvirus negatif ada 7 kasus, Pemfigoid Bulosa ada 1 kasus, dan Varicella atau cacar air ada 1 kasus.

Adapun sembilan suspek tersebut tersebar di satu kasus discarded di Kalimantan Barat, empat kasus discarded di DKI Jakarta, tiga kasus discarded di Jawa Barat, dan satu kasus discarded di Jawa Tengah.

Juru Bicara Kemenkes RI, dr Mohammad Syahril menjelaskan sudah melakukan tracing kepada para kontak erat suspek cacar monyet. Namun para kontak erat tidak mengalami gejala. Sedangkan pemeriksaan spesimen dapat dilakukan pada orang yang mengalami gejala. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banten just now

Welcome to TIMES Banten

TIMES Banten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.