Hukum dan Kriminal

Mahfud MD Minta Hasil Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J Dibuka ke Publik 

Jumat, 29 Juli 2022 - 15:24
Mahfud MD Minta Hasil Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J Dibuka ke Publik  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD (foto: Dokumen/Antara)

TIMES BANTEN, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD meminta Tim Khusus yang telah dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J ke publik. 

Menurut Mahfud MD, seluruh masyarakat Indonesia penasaran dengan hasil autopsi tersebut, terutama pihak keluarga yang anaknya meninggal saat berdinas di kepolisian. Jadi kata dia, tidak salah jika dibuka ke publik.

Kemudian, secara hukum Mahfud MD menjelaskan bahwa tidak ada larangan yang secara spesifik membahas autopsi jenazah. Oleh karena itu, dia menyarankan jika diperlukan tidak masalah jika hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J dibuka ke publik.

"Satu, hasil autopsi ini dibuka kalau pengadilan minta. Boleh disiarkan ke publik apalagi ini menjadi perhatian umum kalau itu diperlukan. Jadi silakan kalau memang dibutuhkan dibuka ke publik," kata Mahfud MD di Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Lebih lanjut, Mahfud MD mengatakan bahwa syarat utama hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J agar bisa dibuka ke publik, adalah dengan perintah dari hakim. Jadi kata dia, sudah ada proses hukum yang bisa dilakukan.

"Oleh sebab itu benar Kapolri, nanti kalau diminta oleh hakim, hasil autopsi itu disampaikan. Tapi kalau tidak diminta, (juga) boleh. Kapolri sudah mengumumkan itu akan dibuka. Oleh sebab itu jangan dibalik-balik, lalu dibilang tidak boleh dibuka ke publik. Boleh," sambungnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Brigadir J disebutkan tewas dalam insiden saling tembak dengan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7). Namun, peristiwa itu baru diungkap pada Senin (11/7/2022).

Polisi mengklaim penembakan itu berawal dari dugaan pelecehan yang dilakukan Brigadir J terhadap istri Sambo.

Polisi mengatakan Brigadir J mengeluarkan total tujuh tembakan, yang kemudian dibalas lima kali oleh Bharada E. Tidak ada peluru yang mengenai Bharada E. Sementara tembakan Bharada E mengenai Brigadir J hingga tewas.

Kapolri telah membentuk tim khusus untuk mengusut insiden Brigadir J tersebut. Selain itu, Komnas HAM juga melakukan penyelidikan secara independen terhadap kasus tersebut. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banten just now

Welcome to TIMES Banten

TIMES Banten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.