https://banten.times.co.id/
Berita

Ribuan Warga Nahdliyin Meriahkan Apel Akbar 1 Abad NU di Kabupaten Sleman

Minggu, 29 Januari 2023 - 18:04
Ribuan Warga Nahdliyin Meriahkan Apel Akbar 1 Abad NU di Kabupaten Sleman Suasana apel akbar di Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta, Minggu (29/1/2023). (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

TIMES BANTEN, YOGYAKARTA – Ribuan warga nahdliyin mengikuti apel akbar 1 Abad NU di Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta, Minggu (29/1/2023). Dalam kesempatan itu, jajaran pengurus PCNU Sleman, warga NU Kabupaten Sleman dan sekitarnya sempat menyatakan ikrar bahwa akan selalu setiap menjaga dan merawat NKRI.

Ketua PCNU Kabupaten Sleman, Sidik Pramono menegaskan, seluruh warga nahdliyin memiliki tugas menjaga kerukunan di Kabupaten Sleman.

“Pada prinsipnya, rumah bersama telah melekat di organisasi NU yang juga merupakan rumah bersama untuk seluruh kader. Jadi, kita harus menjaga Sleman sebagai rumah bersama,” kata Sidik saat apel akbar 1 Abad NU.

Menurut Sidik, PCNU Sleman melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Hal ini merupakan bagian dari konsolidasi sebagai wujud riil menghidupkan organisasi NU yang sesungguhnya.

“Semua harus tersambung sebagai keluarga besar, diawali dengan rapatkan barisan organisasi di dalam konteks struktural maupun kultural. Tidak ada yang bergerak sendiri-sendiri. Semuanya terhimpun menjadi bagian besar dan manfaatnya untuk keseluruhan,” ujar Sidik.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, berharap peringatan 1 Abad NU ini menjadi momentum jamaah NU bersama Pemkab Sleman untuk bersama-sama mewujudkan Sleman sebagai Rumah Bersama bagi seluruh elemen masyarakat.

Apel-Akbar-1-Abad-NU-2.jpg

Karena itu, Kustini mengajak Jam'iyyah Nahdlatul Ulama (NU) terus bersinergi dengan pemerintah dalam menjaga kerukunan dan stabilitas antar umat beragama khususnya di wilayah Kabupaten Sleman. Pemkab Sleman mengajak jamaah NU bersama Pemkab Sleman untuk bersama-sama mewujudkan Sleman sebagai Rumah Bersama bagi seluruh elemen masyarakat.

Kustini menambahkan, berbagai fenomena di masyarakat saat ini menjadi indikasi adanya krisis spiritualitas masyarakat. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu keterlibatan berbagai pihak salah satunya kader NU yang menjadi komponen krusial dan ujung tombak eksistensi organisasi NU di masyarakat.

“Berpijak dari kesadaran akan pentingnya pondasi moral dan spiritual masyarakat, maka kami

berharap PCNU dapat memperkuat program dan kegiatan yang muaranya dapat memberikan bekal dan pondasi nilai spiritual bagi masyarakat terutama generasi muda. Sehingga harapannya masyarakat memiliki prinsip dan tujuan yang kuat ditengah gencarnya arus informasi dan globalisasi,” jelas Kustini saat menghadiri apel akbar warga nahdliyin Kabupaten Sleman dalam rangka 1 Abad NU. (*)

Pewarta : Fajar Rianto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banten just now

Welcome to TIMES Banten

TIMES Banten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.