Berita

Satu Dekade Hilang, Virus Polio Kini Terdeteksi di  Kota New York AS

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 12:21
Satu Dekade Hilang, Virus Polio Kini Terdeteksi di  Kota New York AS Virus polio telah terdeteksi di air limbah Kota New York, Amerika Serikat dan pejabat kesehatan masyarakat telah menekankan bahwa vaksinasi bisanmembuat penyakit ini benar-benar dapat dicegah. (FOTO: Sarah Poser, Meredith Boyter Newlove/CDC via AP Ph

TIMES BANTEN, JAKARTA – Virus polio telah ditemukan di air limbah Kota New York, Amerika Serikat setelah satu dekade penyakit itu tak terlihat di sana.

"Penyakit ini menyebar secara diam-diam diantara orang-orang yang tidak divaksinasi," kata pejabat kesehatan kota New York, Jumat (12/8/2022).

"Kehadiran virus polio di air limbah kota New York itu menunjukkan, kemungkinan sirkulasi lokal virus," tambah pejabat di departemen kesehatan kota dan negara bagian New York seperti dilansir di Al Jazeera.

Komisaris kesehatan negara bagian, Dr Mary T Bassett mengatakan, deteksi virus polio dalam sampel air limbah di New York City mengkhawatirkan, tetapi tidak mengejutkan.

"Risiko bagi warga New York itu nyata tetapi pertahanannya sangat sederhana, dapatkan vaksinasi polio," tegas komisaris kesehatan Kota New York, Dr Ashwin Vasan dalam sebuah pernyataan.

"Dengan polio yang beredar di komunitas kita, tidak ada yang lebih penting daripada memvaksinasi anak-anak kita untuk melindungi mereka dari virus ini, dan jika anda adalah orang dewasa yang tidak divaksinasi atau divaksinasi tidak lengkap, silakan pilih sekarang untuk mendapatkan vaksin. Polio sepenuhnya dapat dicegah dan kemunculannya kembali harus menjadi panggilan untuk bertindak bagi kita semua," ujarnya.

Kota New York kini dipaksa untuk menghadapi polio ketika pejabat kesehatan kota sedang berjuang untuk memvaksinasi populasi yang rentan terhadap cacar monyet dan menyesuaikan diri dengan perubahan pedoman Covid-19. "Kami sedang berurusan dengan trifecta,” kata Wali Kota Eric Adams pada hari Jumat di CNN.

"Covid masih sangat banyak di sini. Polio, kami telah mengidentifikasi polio di limbah kami, dan kami masih berurusan dengan krisis cacar monyet. Tapi tim ada, dan kami berkoordinasi dan kami menangani ancaman yang datang sebelum kami, dan kami siap untuk menghadapinya dengan bantuan Washington, DC," kata Eric.

Pengumuman itu muncul setelah kasus polio terdeteksi di AS untuk pertama kalinya dalam 10 tahun pada akhir Juli. Kasus tersebut terjadi pada seorang pria muda yang tidak divaksinasi di Rockland County di negara bagian New York, dan pihak berwenang mengatakan bahwa kasus tersebut bisa saja berasal dari luar AS.

Sampel air limbah yang dikumpulkan pada bulan Juni di Rockland dan Orange County yang berdekatan ditemukan mengandung virus. Sejak 1979, tidak ada kasus polio yang berasal dari AS, tetapi terjadi pada pelancong yang datang.

Otoritas kesehatan Inggris baru-baru ini juga melaporkan, menemukan bukti virus telah menyebar di London tetapi tidak menemukan kasus pada manusia. Anak-anak usia satu sampai sembilan di London dibuat memenuhi syarat untuk dosis booster vaksin polio pada hari Rabu.

Kebanyakan orang yang terinfeksi polio tidak memiliki gejala tetapi masih dapat menularkan virus kepada orang lain selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Vaksinasi menawarkan perlindungan yang kuat dan pihak berwenang mendesak orang-orang yang belum menerima suntikan untuk segera vaksinasi.

"Berdasarkan wabah di masa lalu, ada kemungkinan ratusan orang di negara bagian itu terkena polio dan tidak mengetahuinya," kata para pejabat.

Polio pernah menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti di negara ini, dengan wabah tahunan yang menyebabkan ribuan kasus kelumpuhan. Penyakit ini kebanyakan menyerang anak-anak.

Vaksin tersedia mulai tahun 1955, dan kampanye vaksinasi nasional memangkas jumlah tahunan kasus AS menjadi kurang dari 100 pada 1960-an dan kurang dari 10 pada 1970-an, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit .

Sebagian kecil orang yang terjangkit polio menderita kelumpuhan. Penyakit ini berakibat fatal bagi 5-10 persen dari mereka yang lumpuh. Semua anak sekolah di kota New York, Amerika Serikat diharuskan memiliki vaksin polio , tetapi wilayah Rockland dan Orange dikenal sebagai pusat resistensi vaksin.

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banten just now

Welcome to TIMES Banten

TIMES Banten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.