https://banten.times.co.id/
Berita

PPI Maroko Menjadi Tuan Rumah SEAS Games X

Jumat, 12 Agustus 2022 - 23:10
PPI Maroko Menjadi Tuan Rumah SEAS Games X Dubes Thailand untuk Maroko Nonthawat Chandrtri memukul gong sebanyak 10 kali didampingi Dubes LBBP RI Hasrul Azwar dan Kuasa Usaha Kedutaan Brunei Darussalam. (Foto: PPI Maroko)

TIMES BANTEN, JAKARTAPPI Maroko sukses membuka ajang South East Asian Student Games (SEAS Games) yang diselenggarakan pada Senin (8/8/2022) kemarin. Ajang lomba bergengsi ini merupakan lomba yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Peserta merupakan para mahasiswa dan pelajar yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara di Maroko.

SEAS Games X tahun 2022 ini dijadwalkan akan akan terlaksana selama satu pekan penuh pada tanggal 8-15 Agustus 2022. Kegiata akan berpusat di Complexe Sportif Amal, Al-Manal, Rabat, Maroko dengan mengusung slogan “Comeback Together, Comeback Stronger”.

Acara ini pun sejatinya dilaksanakan pada tahun 2021 lalu, setelah pada edisi sebelumnya telah sukses dihelat pada tahun 2019 dengan Thailand yang bertindak sebagai tuan rumah. Namun agenda kegiatan ini harus tertunda begitu lama akibat terjangan pandemi Covid-19. Dan setelah pandemic mereda, PPI Maroko bertekad menggalakkan ajang ini lagi.

SEAS Games X 2022 yang diadakan oleh PPI Maroko kali ini akan mempertandingkan 5 cabang olahraga untuk putra yakni futsal, bola voli, sepak takraw, badminton, dan tenis meja. Sedangkan untuk putri hanya mempertandingkan 3 cabang olahraga saja, yaitu bola voli, badminton, dan tenis meja.

Cabang olahraga otak modern juga secara khusus dipersiapkan oleh panitia. Kali ini  2 permainan daring via smartphone, Mobile Legends Bang Bang dan E-Football 2022 juga akan menjadi cabng pilihan yang diperlombakan.

PPI-Maroko-2.jpgBersama para Dubes ASEAN dengan para ketua atau perwakilan organisasi mahasiswa ASEAN di Maroko. (Foto: PPI Maroko)

Nabil Awhaddani, ketua OC SEAS Games X 2022 menyampaikan, bahwa SEAS Games ini sejak awal dilaksanakannya adalah untuk memupuk silaturahmi dan persaudaraan antar pelajar ASEAN di Maroko. Beberapa pelajar dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand pun sudah ikut mendaftar.

“Kami berharap, pada edisi selanjutnya SEAS Games akan turut mengikutsertakan para pelajar dari negara ASEAN lainnya, seperti Laos, Vietnam, Brunei Darussalam, dan lain-lain,” ungkapnya.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Kerajaan Maroko, Drs. H. Hasrul Azwar, M.M. turut hadir dan memberikan sambutan sekaligus membuka acara SEAS Games. “Nantinya akan ada nilai-nilai yang kalian dapatkan dari event ini yang tidak akan kalian dapatkan selama proses studi kalian di perkuliahan. Nilai tersebut adalah nilai sportifitas, teamwork (kerja sama tim), dan nilai silaturahmi,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong sebanyak 10 (sepuluh) pukulan, yang dipimpin oleh Duta Besar Thailand Nonthawat Chandrtri sebagai pejabat presidensi Negara-negara ASEAN di Maroko. Selain mereka,  CDA Kedutaan Brunei Darussalam untuk Kerajaan Maroko, Nur Hafizah Al-Islam binti Awang Mahani, dan perwakilan Kedutaan Malaysia untuk Kerajaan Maroko, juga mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam pembukaan SEAS Games X 2022 anggota PPI Maroko juga menamppilkan beberapa persembahan budaya. Lebih lengkap mengenai acara ini anda bisa mengunjungi akun Instagram PPI Maroko @seasgames. Siaran langsung dan siaran ulang acara ini juga dapat disaksikan melalui akun instagram yang sama. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banten just now

Welcome to TIMES Banten

TIMES Banten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.