https://banten.times.co.id/
Berita

Tiga Kloter Terakhir Jemaah Haji Indonesia Segera Terbang

Jumat, 12 Agustus 2022 - 21:38
Tiga Kloter Terakhir Jemaah Haji Indonesia Segera Terbang Kader Madinah, Amin Handoyo saat memberikan cindera mata kepada perwakilan Muassasa Adilla Madinah. (Foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES BANTEN, JAKARTA – Proses perjalanan ibadah haji 2022 akan segera berakhir pada Sabtu (13/8/2022). Pemulangan tiga kloter terakhir dari Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz (AMMA) ke Indonesia menjadi tanda berakhirnya musim haji 1443 H oleh jemaah haji Indonesia.

Proses perjalanan ibadah haji Indonesia 2022/1443 H akan berakhir pada Sabtu (13/8/2022) ini. Pemulangan tiga kloter terakhir dari Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz Madinah ke Tanah Air menjadi akhir dari seluruh rangkaian pelayanan Panitia Penyelenggara Ibdah Haji (PPIH) Arab Saudi, yang telah berlangsung sejak 1 Juni 2022.

Tiga kloter terakhir yang akan meninggalkan Madinah adalah Kloter 8 Balikpapan (BPN) sebanyak 109 jemaah, Kloter 42 Solo (SOC) sebanyak 357 jemaah, dan Kloter 43 Solo (SOC) sebanyak 345 jemaah.

Penerbangan terakhir dari Madinah dijadwalkan pukul 12.30 waktu Arab Saudi. Sementara kloter terakhir asal Jabar yaitu JKS-4 yaitu jemaah asal Kota Bekasi dan Bandung akan kembali pada 12 Agustus 2022 pukul 8.40 waktu Arab Saudi.

Ketua Daerah Kerja Madinah Amin Handoyo menjelaskan, sejauh ini pemulangan jemaah gelombang kedua dari Madinah berlangsung lancar. Semuanya bisa disiapkan dengan baik.

Kalau pun ada beberapa kendala seperti soal sistem bisa diselesaikan secara cepat berkat kerja sama dan bantuan dengan pihak muasasah.

“Ada tiga kloter yang akan dipulangkan pada 13 agustus 2022. Rencananya kloter terakhir akan dilepas di bandara oleh Pak Sekjen Nizar Ali," kata Amin.

Amin mengatakan jemaah akan diberangkatkan dari hotel pada pukul 6.00 dan rencananya akan terbang pada pukul 12.30 waktu Arab Saudi.

"Setelah itu seluruh layanan jemaah resmi berakhir,” kata Amin, di Kantor Daker Madinah, Jumat (12/8/2022).

Terkait jemaah yang sakit, Amin menjelaskan bahwa saat ini masih ada tiga jemaah yang masih dirawat di Arab Saudi.

Satu jemaah berada di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah dan dua orang dirawat di rumah sakit Arab  Saudi. Mereka kemungkinan akan pulang setelah semua kloter pulang ke Tanah Air.

“Untuk pasisn  di KKHI itu adalah jemaah khusus yang berasal dari Kalimantan Selatan. Nanti akan dilihat kondisinya. Kemungkinan akan diusahakan masuk ke rumah sakit Arab Saudi jika pelayanan di KKHI sudah berakhir," terangnya.

Amin menambahkan kondisinya akan dipantau karena untuk kepulangannya memerlukan tempat enam seat (tempat duduk) di pesawat. Kondisi pasien memang harus berbaring.

"Kami harus mencari jadwal yang sesuai untuk kepulangan pasien itu ke tanah air,” tutur Amin.

Dia menambahkan, jika berada di rumah sakit Arab Saudi ketiga jemaah tersebut akan menjadi tanggung jawab dari Kantor Urusan Haji (KUH) RI di Jeddah.  Kondisi mereka akan terus dipantau sampai layak untuk pulang ke tanah air.

“Tentu kami berarap mereka bisa pulang secepat mungkin. Namun, tentunya harus sesuai dengan prosedur baik secara administrasi maupun medis,” ujarnya, terkait pemulangan jemaah haji Indonesia pada musim haji 2022(*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banten just now

Welcome to TIMES Banten

TIMES Banten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.